ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA PADA LAYANAN APLIKASI LIVIN BY MANDIRI MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL

Zulfikar, Abizar (2024) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA PADA LAYANAN APLIKASI LIVIN BY MANDIRI MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)

Abstract

Mobile Banking secara luas dapat dimengerti sebagai kemampuan memanfaatkan fasilitas ponsel untuk mengakses rekening yang dimiliki, sehingga memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan pada ponsel dan nasabah tidak perlu lagi mengantri di counter bank untuk menabung, mengambil uang, membayar tagihan, ataupun mengirimkan uang ke sesama bank ataupun ke bank lainnya. Namun dengan maraknya penggunaan mobile banking tersebut bank mandiri merebranding mandiri mobile dengan Livin’ by Mandiri. Dilihat dari ratingnya aplikasi Livin by Mandiri memiliki rating 3,9, yang mana dapat dikatakan kualitas aplikasi tersebut masih kurang memuaskan. maka dilakukan penelitian terhadap aplikasi Livin by Mandiri untuk mengatasi permasalahan yang ada pada aplikasi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Service Quality (SERVQUAL) yang memiliki dimensi yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy. Dimana sampel yang diambil sebanyak 384 responden yang melakukan pengisian kuesioner menggunakan Google Form dan data yang dianalisis berdasarkan hasil dari penyebaran kuesioner yang telah dilakukan kemudia data tersebut diolah menggunakan Software SmartPLS 3.0. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari lima variabel SERVQUAL tiga variabel yaitu Tangibles, Reliability dan Responsiveness yang tidak berpengaruh secara positif atau signifikan, hanya dua variabel yaitu Assurance dan Empathy yang secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna aplikasi Livin by Mandiri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Sistem Informasi > 2024
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 14 Jun 2025 09:28
Last Modified: 14 Jun 2025 09:28
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4362

Actions (login required)

View Item View Item