ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI GOOGLE DRIVE DI KALANGAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

Noviyanti, Eni (2024) ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI GOOGLE DRIVE DI KALANGAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (257kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas dari layanan aplikasi Google Drive dan untuk mengetahui variabel yang berpengaruh terhadap user statisfaction secara parsial maupun simultan serta memberikan rekomendasi pada aplikasi Google Drive. Populasi pada penelitian ini sebanyak 3535 mahasiswa aktif universitas dinamika bangsa dengan perhitungan jumlah sampel sebanyak 370 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah kuesioner berbasis E-Servqual berdasarkan dimensi information quality, security, efficiency, responsiveness dan fulfillment. Analisis IPA dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna yang merupakan gap antara kepentingan dan kinerja. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan keseluruhan item kuesioner valid dan reliabel karna memenuhi persyaratan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kinerja terdapat 3 hipotesis yang memberikan pengaruh secara signifikan, yaitu security (4,605), efficiency (8,077) dan responsiveness (7,790) serta 2 hipotesis yang tidak berpengaruh secara signifikan, yaitu information quality (1,933) dan fulfillment (0,573). Pada kepentingan terdapat 4 hipotesis yang yang memberikan pengaruh secara signifikan, yaitu information quality (2,184), security (8,216), efficiency (8,450) dan fulfillment (4,384) serta 1 hipotesis yang tidak berpengaruh secara signifikan, yaitu responsiveness (-0,384). Hasil analisis IPA pada tingkat kesesuaian dalam kinerja dan kepentingan sebesar 100,35% artinya pelayanan yang diberikan telah memenuhi harapan pengguna dan analisis kesenjangan GAP sebesar 0,04 menandakan kualitas telah sesuai dengan yang diharapkan. Hasil dalam kuadran IPA menunjukkan atribut yang masuk dalam kuadran I yaitu X4.1, X4.2, X4.3, X5.2 dan X5.3 untuk dapat segera dilakukan perbaikan dan atribut yang masuk dalam kuadran II yaitu X1.1, X1.2, X1.3 dan X5.1 yang perlu dilakukan upaya untuk mempertahankan kinerja pada aplikasi Google Drive.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Sistem Informasi > 2024
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 10 Jun 2025 07:26
Last Modified: 10 Jun 2025 07:26
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4318

Actions (login required)

View Item View Item