ANALISIS KUALITAS LAYANAN APLIKASI M-PASPOR TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL

Billa, Salsya (2024) ANALISIS KUALITAS LAYANAN APLIKASI M-PASPOR TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (250kB)

Abstract

Dengan berkembangnya teknolgi di zaman sekarang, membawa seluruh penyedia layanan jasa untuk hadir secara online, baik perusahaan maupun pemerintahan. Salah satu kantor pemerintahan yang memberikan pelayanan secara online adalah Kantor Imigrasi Jambi. Aplikasi M-Paspor merupakan sebuah aplikasi yang memberikan pelayanan jasa, dimana aplikasi ini adalah pengganti dari aplikasi sebelumnya yaitu Aplikasi pendaftaran Paspor Online (APAPO). Aplikasi M-Paspor dirilis pada 27 Januari 2022. Pada penelitian ini penulis menganalis kualitas layanan aplikasi M-Paspor terhadap kepuasan pengguna menggunakan metode E-Servqual. Dimana E-Servqual merupakan versi terbaru dari versi sebelumnya yaitu Servqual dimana metode ini memeiliki tujuan untuk mengavaluasi suatu pelayanan yang diberikan pada jaringan internet. Penelitian ini menggunakan 100 responden pengguna aplikasi M-Paspor untuk dijadikan sampel, yang kemudian diolah menggunakan software SPSS. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dimana pengambilan sampel dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner dengan menggunakan google form. Adapun variabel yang digunakan didalam penelitian ini adalah Efficiency, System Availability, Responsiveness, Contact (Variabel Independent) dan User Statsifanction atau kepuasan pengguna (Variabel Dependent). Berdasarkan hasil penellitian terdapat 3 hipotesis yang diterima yaitu H2 (System Availability), H3 (Responsiveness), dan H4 (Contact), serta 1 hipotesis yang ditolak yaitu H1 (Efficiency). Pada penelitian ini juga menyatakan bahwa seluruh variabel (Efficiency, System Availability, Responsiveness, dan Contact) secara bersama-sama berpengaruh terhadap user satisfaction (Kepuasan Pengguna).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Sistem Informasi > 2024
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 15 Feb 2025 04:45
Last Modified: 15 Feb 2025 04:45
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/4042

Actions (login required)

View Item View Item