ANALISIS KINERJA JARINGAN WIRELESS LOCAL AREA NETWORK PADA PT. PULAU SAMBU GUNTUNG MENGUNAKAN METODE QOS (QUALITY OF SERVICE)

Randa, Gusti (2024) ANALISIS KINERJA JARINGAN WIRELESS LOCAL AREA NETWORK PADA PT. PULAU SAMBU GUNTUNG MENGUNAKAN METODE QOS (QUALITY OF SERVICE). Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (736kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

Jaringan wireless merupakan salah satu alternatif terbaik dalam membanggun sebuah jaringan komputer yang praktis. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan kinerja pada jaringan Wireless Local Area Network (WLAN) di PT. Pulau Sambu Guntung. Masalah utama yang dihadapi adalah rendahnya efisiensi dan kualitas layanan jaringan, yang dapat menghambat produktivitas dan kenyamanan pengguna.Dalam penelitian ini, solusi diusulkan melalui implementasi metode (QoS) Quality of Service digunakan untuk mengelola dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya jaringan, memberikan prioritas trafik yang sesuai, dan meningkatkan performa jaringan secara keseluruhan. Penekanan utama pada penelitian ini adalah meningkatkan kecepatan transfer data, mengurangi Delay, dan mengendalikan jitter.Metode penelitian melibatkan tahap observasi awal terhadap kondisi jaringan, pengumpulan data performa jaringan, dan implementasi QoS secara sistematis. Pengukuran performa jaringan dilakukan sebelum dan sesudah penerapan QoS untuk mengevaluasi perbedaan hasil secara objektif. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata parameter QoS menurut TIPHON pada PT.Pulau Sambu mendapatkan indeks 2 pada jam sibuk “kurang memuaskan” dan 3,3 jam normal “memuaskan”, Client-1 mendapat indeks 3 pada jam sibuk dan 3,5 pada jam normal keduanya masuk dalam ketegori “memuaskan”, Client-2 mendapat indeks 2,7 pada jam sibuk, dan 2,8 pada jam normal kedunya masuk kategori “kurang memuaskan” sedangkan Client-3 mendapat indeks 2,1 dengan kategori “kurang memuaskan“ pada jam sibuk dan 3,3 pada jam normal dengan kategori “memuaskan”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Teknik Informatika > 2024
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 01 Oct 2024 04:51
Last Modified: 21 Oct 2024 05:30
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/3886

Actions (login required)

View Item View Item