Prayatna, Bentantiyo (2024) PERANCANGAN GAME EDUKASI SEJARAH PERISTIWA KEMERDEKAAN INDONESIA BERSASIS ANDROID PADA SMAS ADHYAKSA 1 KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UNAMA.
Text
BAB I.pdf Download (216kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (690kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (189kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (415kB) |
Abstract
alam era pertumbuhan industri game yang pesat, regulasi dan kesadaran akan dampaknya menjadi esensial. Penelitian ini fokus pada dampak positif game untuk memastikan industri game tetap memberikan manfaat sebagai sumber hiburan. Perkembangan video game bukan hanya di ranah hiburan, tetapi juga memiliki dampak signifikan pada kehidupan sehari-hari, khususnya pada anak-anak usia 12-18 tahun yang cenderung menghabiskan waktu dengan video game dan internet. Meskipun internet membawa ancaman informasi yang luas, video game telah menjadi alat pembelajaran dan pengalaman sosial yang efektif. Kemajuan teknologi, terutama di perangkat seluler, meningkatkan mobilitas dan kesibukan individu. Dalam konteks pendidikan, video game, meskipun sering dianggap gangguan, dapat menjadi media pembelajaran yang menarik dan efektif. Aplikasi Crossworld Labs di MTs Sunan Kalijaga dan MTs Nurul Huda Kota Malang menunjukkan keberhasilan dalam penggunaan teka-teki silang sebagai metode pembelajaran. Inspirasi dari situ, penelitian merancang "Sejarah Pintar," game edukasi sejarah kemerdekaan Indonesia. Dengan fokus pada peristiwa Rengasdengklok, game ini mengintegrasikan teka-teki silang, kuis, dan video materi. Sejarah, sebagai inti game, merekam perubahan dan kehidupan manusia. Diharapkan, game ini, dengan pendekatan edukatif dan hiburan, dapat meningkatkan minat siswa terhadap sejarah. Sebagai tanggapan terhadap tingginya penggunaan smartphone di Kota Jambi, SMAS ADHYAKSA 1 dipilih sebagai tempat penelitian. Dengan minat siswa terhadap game edukasi, penelitian ini bertujuan merancang aplikasi Android berjudul "Perancangan Game Edukasi Sejarah Kemerdekaan Indonesia di SMAS ADHYAKSA 1 Kota Jambi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Aplikasi Sistem Pengolahan Data |
Divisions: | Skripsi > Teknik Informatika > 2024 |
Depositing User: | Digital Library |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 04:47 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 02:13 |
URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/3795 |
Actions (login required)
View Item |