Anindya Putri Abdoellah, Cinta (2024) PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBELIAN OBAT PADA APOTEK AKITA SARI MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. Skripsi thesis, UNAMA.
Text
BAB I.pdf Download (388kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (985kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (53kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
Abstract
Pembelian obat yang dilakukan oleh konsumen sering menjadi masalah umum yang terjadi pada Apotek, seringnya kehabisan stok obat yang paling sering dibeli, obat yang kadaluarsa tidak bisa dipantau semua, dan adanya obat – obatan yang tidak dijual pada Apotek tersebut. Data transaksi pembelian obat di Apotek terus bertambah setiap harinya dan hanya disimpan menjadi arsip tanpa mengetahui apa manfaat dari data tersebut. Untuk itu diperlukan penerapan data mining untuk menganalisa transaksi penjualan obat menggunakan algoritma apriori untuk mencari hubungan antar item barang yang dibeli sehingga informasi ini dapat menjadi pertimbangan tambahan bagi pemilik Apotek Akita Sari dalam pengambilan keputusan guna menghitung stok barang kedepannya. Penelitian ini menggunakan data transaksi penjualan pada Apotek Akita Sari yang berjumlah 775 transaksi pada bulan Juni, Juli dan Agustus 2023. Rules terbaik yang dihasilkan adalah: Jika konsumen membeli Obat Demam, maka konsumen juga akan membeli Obat Alergi dengan support 6% dan confidence 16%. Jika konsumen membeli Obat Alergi, maka konsumen juga akan membeli Obat Demam dengan support 6% dan confidence 42%. Jika konsumen membeli Obat Diabetes, maka konsumen juga akan membeli Balsem atau Gel dengan confidence 0,99. Jika konsumen membeli Obat Kolesterol, maka konsumen juga akan membeli Balsem atau Gel dengan confidence 0,99. Jika konsumen membeli Obat Masuk Angin, maka konsumen juga akan membeli Balsem atau Gel dengan confidence 0,99. Jika konsumen membeli Obat Mata, maka konsumen juga akan membeli Balsem atau Gel dengan confidence 0,99. Rules tersebut dihasilkan dari nilai support dan nilai confidence tertinggi dari nilai support dan confidence item lainnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Analisis Sistem Informasi |
Divisions: | Skripsi > Teknik Informatika > 2024 |
Depositing User: | Digital Library |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 11:32 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 04:15 |
URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/3696 |
Actions (login required)
View Item |