PERANCANGAN CHATBOT SEBAGAI VIRTUAL ASSISTANT SEPUTAR INFORMASI PADA BANK 9 JAMBI CABANG TEBO

Fathurrahman, Fathurrahman (2023) PERANCANGAN CHATBOT SEBAGAI VIRTUAL ASSISTANT SEPUTAR INFORMASI PADA BANK 9 JAMBI CABANG TEBO. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)

Abstract

Customer Service merupakan bagian yang sangat penting bagi perusahaan, termasuk di BANK 9 Jambi. Saat ini, BANK 9 Jambi Cabang Tebo masih menggunakan layanan secara manual melalui petugas customer service. Namun, terdapat kendala dalam pelayanan customer service, misalnya nasabah harus datang langsung ke BANK 9 Jambi Cabang Tebo dan pertanyaan hanya dapat dilakukan pada saat jam kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan aplikasi chatbot yang akan digunakan sebagai virtual assistant dalam layanan kepada nasabah BANK 9 Jambi Cabang Tebo. Sistem chatbot ini menggunakan metode Natural Language Processing (NLP). Hasil dari penelitian ini adalah Sistem chatbot dapat berinteraksi secara langsung dengan pelanggan melalui aplikasi WhatsApp web. Chatbot juga dapat memahami pesan yang dikirimkan oleh nasabah dan memberikan respon yang sesuai. Selain itu, chatbot ini juga memudahkan customer service sehingga meningkatkan kualitas layanan. Dengan adanya sistem chatbot ini, diharapkan pelayanan pelanggan di BANK 9 Jambi Cabang Tebo menjadi lebih efisien dan mudah diakses oleh nasabah serta nasabah tidak perlu lagi datang langsung ke kantor BANK dan menunggu lama. Nasabah dapat dengan mudah berinteraksi dengan chatbot di mana saja, dan kapan saja melalui platform WhatsApp. Dengan demikian, penerapan chatbot sebagai virtual assistant pada BANK 9 Jambi Cabang Tebo dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan pelayanan nasabah dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi nasabah serta memperkuat posisi BANK 9 Jambi dalam persaingan di industri Perbankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Aplikasi Sistem Pengolahan Data
Divisions: Skripsi > Teknik Informatika > 2023
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 08 Mar 2024 12:24
Last Modified: 08 Mar 2024 12:24
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/3442

Actions (login required)

View Item View Item