ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS LAYANAN PADA APLIKASI DOKU MENGGUNAKAN METODE IS SUCCESS MODEL

Anastasya, Yumika (2023) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS LAYANAN PADA APLIKASI DOKU MENGGUNAKAN METODE IS SUCCESS MODEL. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)

Abstract

DOKU merupakan perusahaan pertama di Indonesia yang bergerak dalam layanan pembayaran elektronik dan manajemen resiko (risk management). DOKU memberikan berbagai macam pelayanan kepada pengguna, seperti dapat melakukan transfer kepada sesama DOKU dan ke rekening bank, pembayaran semua barang dan jasa, melakukan pembayaran tagihan listrik, air dll, melakukan setor dan tarik tunai, serta beberapa kemudahan lainnya. Akan tetapi, dari feedback yang didapatkan pada playstore dan AppStore terdapat beberapa keluhan pengguna yang menyatakan bahwa proses verifikasi akun yang selalu gagal, pengembalian dana yang terlalu berbelit-belit, akun yang diblokir tanpa kejelasan, sulitnya melakukan komplain pada aplikasi, top-up dana yang tidak masuk ke akun, saldo yang di sulit di tarik oleh pengguna, biaya transfer yang cukup mahal antar bank, beberapa fitur yang tidak lengkap seperti fitur lupa password tidak ada pada aplikasi DOKU, melakukan pembayan namun gagal sedangkan saldo berkurang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan dan kepuasan pengguna untuk mendapatkan hasil bersih terhadap kualitas sistem dan kualitas informasi pada aplikasi DOKU. Model pengukuran yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah IS Success Model yang dikembangkan Delon dan McLean, dalam penelitian ini digunakan 9 hipotesis. Model dan hipotesis divalidasi melalui kuesioner online yang melibatkan 100 responden dari pengguna aplikasi DOKU. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) melalui software smartPls. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat 6 hipotesis yang memberikan pengaruh signifikan antar variabel, sedangkan 2 hipotesis tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kesuksesan aplikasi DOKU sudah cukup baik dalam memenuhi harapan pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Sistem Komputer > 2023
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 07 Mar 2024 09:31
Last Modified: 07 Mar 2024 09:31
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/3437

Actions (login required)

View Item View Item