Yosefa Agustina Br. Sagala, Clara (2023) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI BIBIT REKSA DANA PADA KOMUNITAS BIBIT.ID DI TELEGRAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL. Skripsi thesis, UNAMA.
Text
BAB I.pdf Download (211kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (974kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (186kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (409kB) |
Abstract
Bibit adalah aplikasi reksa dana yang dapat membantu investor pemula dalam memulai investasi, semua orang dapat memulai investasi dengan optimal sesuai dengan level risiko tanpa perlu pengalaman. Bibit telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna sejak awal dirilis pada tahun 2019. Dengan tampilan desain aplikasi yang sederhana dan juga mudah dipahami oleh pengguna sehingga pengguna tidak bingung menggunakannya. Namun dari kelebihan yang dimiliki aplikasi Bibit, terdapat juga kekurangan berdasarkan review yang ada pada kolom komentar di App Store atau Play Store, seperti pencairan dana yang lama membutuhkan waktu lebih dari 7 hari baru dana akan masuk ke rekening pengguna, selain itu tidak adanya notifikasi pencairan dana, serta pada segi keamanan tidak adanya kode pin ketika pengguna melakukan pembayaran sehingga meningkatkan kekhawatiran pengguna saat melakukan transaksi pembayaran pembelian saham. Penelitian ini menggunakan metode SERVQUAL dengan lima variabel independen yaitu Tangibles (bukti nyata), Reliability (keandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), dan Empathy (empati) terhadap variabel dependen Kepuasan Pengguna. Populasi pada penelitian ini adalah para pengguna aplikasi Bibit pada komunitas Bibit.id di telegram dengan sampel penelitian sebanyak 400 responden menggunakan metode pengambilan sampel yaitu simple random sampling dengan dengan pengolahan data yang menggunakan alat bantu berupa SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, terdapat 2 hipotesis yang memberikan pengaruh signifikan antar variabel dengan nilai t hitung > 1,966 dan nilai signifikansi antar variabel 0,000 < 0,05, sedangkan 3 hipotesis tidak memberikan pengaruh signifikn dengan nilai t < 1,966 dan nilai signifikan > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas tangibles, dan reliability cukup baik dalam memenuhi harapan pengguna. Dengan dibuatnya analisis ini kami berharap pihak Bibit meningkatkan kepuasan pengguna aplikasi Bibit dengan meningkatkan fitur-fitur yang mempengaruhi kualitas jasa yang diterima para pengguna, khususnya pada variabel respponsivenees, assurance, dan empathy.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Analisis Sistem Informasi |
Divisions: | Skripsi > Sistem Informasi > 2023 |
Depositing User: | Digital Library |
Date Deposited: | 17 Feb 2024 09:18 |
Last Modified: | 17 Feb 2024 09:18 |
URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/3281 |
Actions (login required)
View Item |