ANALISIS KUALITAS LAYANAN WEBSITE DINAS KESEHATAN KABUPATEN BATANG HARI MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

Juairia, Juairia (2023) ANALISIS KUALITAS LAYANAN WEBSITE DINAS KESEHATAN KABUPATEN BATANG HARI MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (740kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)

Abstract

Website Dinas Kesehatan kabupaten Batang Hari dengan domain (https://dinkes.batangharikab.go.id), website ini merupakan media informasi, publikasi, pelayanan dan komunikasi yang bergerak dalam bidang kesehatan. Website Dinas Kesehatan kabupaten Batang Hari merupakan sarana bagi masyarakat Kabupaten Batang Hari untuk mengakses beragam informasi mengenai Dinas Kesehatan. Selama ini website dari Dinas Kesehatan kabupaten Batang Hari sudah berjalan, tetapi belum dilakukan evaluasi terhadap kualitas layanan website yang didasarkan pada persepsi pengguna akhir sebagai umpan balik kepada pengelola website sehingga pengelola dapat mengetahui sejauh mana kepuasan pengguna dan kualitas layanan yang sudah diberikan. Saat ini website Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Hari masih memiliki kekurangan seperti pada tampilan menu utama layanan publik yang terdapat submenu standar pelayanan yang memiliki beberapa sub-sub menu dan submenu SOP jika diklik tampilannya masih kosong, serta pada menu utama informasi publik terdapat submenu realisasi anggaran tahun 2019 dan submenu realisasi anggaran tahun 2020 yang jika di klik tampilannya masih kosong. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode Webqual 4.0 dalam menganalisis website dengan empat dimensi yang mana tiga variabel bebas dan satu terikat yang ada pada metode Webqual 4.0. Empat dimensi itu terdiri dari kualitas kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi, dan kepuasan pengguna. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas layanan dari website Dinas Kesehatan kabupaten Batang Hari terhadap kepuasan pengguna. Hasil dari penelitian ini setelah melakukan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner yang berisi 20 pertanyaan kepada 100 responden yang merupakan masyarakat Kabupaten Batang Hari. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan software smartpls. Hasil dari analisis ini yaitu variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pengguna adalah kualitas interaksi dan kualitas kegunaan, sedangkan kualitas informasi kurang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Sistem Informasi > 2023
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 16 Feb 2024 10:21
Last Modified: 16 Feb 2024 10:21
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/3264

Actions (login required)

View Item View Item