ANALISIS KUALITAS LAYANAN APLIKASI ANTERAJA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI KOTA JAMBI MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL

Excelena Purnama Putri, Benadya (2023) ANALISIS KUALITAS LAYANAN APLIKASI ANTERAJA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI KOTA JAMBI MENGGUNAKAN METODE E-SERVQUAL. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (699kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB)

Abstract

PT Tri Adi Bersama (Anteraja) adalah anak usaha Adi Sarana Armada yang bergerak di bidang logistik yang berpusat di Jakarta, Indonesia. Aplikasi Anteraja adalah jasa pengiriman online mulai dari paket reguler, ukuran besar dan berat, sampai pengiriman makanan beku. Saat ini aplikasi Anteraja memiliki banyak keluhan yang dapat dilihat dari beberapa ulasan di google playstore. Maka dari itu perlu untuk mengetahui indikator-indikator apa saja yang kurang agar dapat dijadikan masukan kepada pihak aplikasi Anteraja dalam meningkatkan bagian yang bermasalah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode E-Servqual dipilihnya metode ini karena merupakan suatu metode deskriptif guna menggambarkan tingkat kepuasan pengguna. Data yang dianalisis berdasarkan hasil dari pnyebaran kuesioner yang telak dilakukan kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan metode SEM dengan Software SmartPLS. Dari hasil uji validitas dan uji reliabilitas yang sudah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa variabel Reliability nilai Path Coefficient 0,461 (positif), nilai T-statistic 6,202 (>1,96), dan P Values 0,000 (<0,05), dan variabel Fullfilment nilai Path Coefficient sebesar 0,484 (positif), nilai T-statistic sebesar 6,849 (>1,96), dan P Values 0,000 (<0,05) maka dari itu kedua variabel ini diterima sehingga variabel ini berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Sedangkan variabel Responsiveness nilai Path Coefficient 0,026 (positif), nilai T-statistik 1,528 (>1,96), dan nilai P Values 0,127 (<0,05), sehingga variabel ini tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Selain itu keterkaitan dan pengaruh antar setiap variabel dapat dilihat dari nilai R Square yaitu 0,880 dengan tingkat subtansi atau kuat. Sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian ini cukup kuat memberikan gambaran mengenai kualitas layanan aplikasi anteraja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Sistem Informasi > 2023
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:50
Last Modified: 24 Jan 2024 07:50
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/3164

Actions (login required)

View Item View Item