ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI LIVIN’ BY MANDIRI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DELONE AND MCLEAN

Christianti Wulandari, Natalia (2023) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI LIVIN’ BY MANDIRI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DELONE AND MCLEAN. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)

Abstract

Aplikasi Livin’ by Mandiri merupakan salah satu bentuk produk layanan e-banking Bank X atau PT. Bank X berbasis aplikasi mobile banking pada smartphone untuk memudahkan pengguna mendapatkan layanan perbankan dalam melakukan transaksi secara mobile. Terdapat beberapa kekurangan dalam aplikasi Livin’ by Mandiri seperti terjadi error saat melakukan login dan verifikasi wajah (system quality), pada catatan transaksi tidak ada saldo harian per tanggal (information quality), proses verifikasi pesan membutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak ada fitur live chat (service quality), serta tampilan fitur aplikasi yang kurang user friendly (user satisfaction). Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui kepuasan pengguna dari aplikasi Livin’ by Mandiri dengan menggunakan metode DeLone and McLean. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode DeLone and McLean yang mempunyai 4 variabel yaitu Kualitas Sistem (System Quality), Kualitas Informasi (Information Quality), Kualitas Layanan (Service Quality) dan Kepuasan Pengguna (User Satisfaction). Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner yang berisi 20 pertanyaan kepada 400 responden melalui google form, kemudian data penelitian diolah dengan menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan dari 3 hipotesis hanya 2 hipotesis yang diterima yaitu H2 dan H3 dengan nilai t-statistic > 1.96 dan nilai signifikan < 0.05 dan 1 hipotesis yang ditolak yaitu H1 dengan tidak memberikan pengaruh positif dan signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi Livin’ by Mandiri cukup baik dalam mencapai tingkat kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Sistem Informasi > 2023
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:12
Last Modified: 22 Jan 2024 07:12
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/3147

Actions (login required)

View Item View Item