PENERAPAN DATA MINING DENGAN ALGORITMA C4.5 DAN ALGORITMA NAÏVE BAYES UNTUK KLASIFIKASI VIDEO GAMES RATING BY ESRB

Bilal Alfayyadh, Muhammad (2023) PENERAPAN DATA MINING DENGAN ALGORITMA C4.5 DAN ALGORITMA NAÏVE BAYES UNTUK KLASIFIKASI VIDEO GAMES RATING BY ESRB. Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)

Abstract

Pada dataset yang berjudul “Video Games Rating By ESRB” terdapat unsur-unsur yang ada didalam sebuah games, unsur-unsur tersebut dinamakan Content Descriptor yang menghasilkan sebuah kategori games berdasarkan 4 tingkatan usia seperti “E” (semua usia), “ET” (10 tahun ke atas), “T” (remaja), dan “M” (17 tahun ke atas). Dalam dataset ini terdapat 1.895 data yang belum di-cleaning dan 1.222 data yang sudah di-cleaning, serta terdapat 33 atribut termasuk class-nya. Pada penelitian ini, penulis ingin mengklasifikasi data tersebut untuk memudahkan player yang ingin bermain games agar bisa menyesuaikan dengan tingkat usianya. Penulis melakukan split data sebesar 60% : 40%, 70% : 30% dan 80% : 20% untuk diklasifikasikan dengan Tools RapidMiner, yang dimana menghasilkan pohon keputusan yang berbeda-beda. Penulis juga mendapatkan hasil akurasi yang berbeda, yaitu menggunakan Use Training Set sebesar 86.48% pada Testing 20% dan 10 Fold-Cross Validation sebesar 80.50% pada Testing 40%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Teknik Informatika > 2023
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 05 Jan 2024 13:26
Last Modified: 05 Jan 2024 13:26
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/2997

Actions (login required)

View Item View Item