Bilal Alfayyadh, Muhammad (2023) PENERAPAN DATA MINING DENGAN ALGORITMA C4.5 DAN ALGORITMA NAÏVE BAYES UNTUK KLASIFIKASI VIDEO GAMES RATING BY ESRB. Skripsi thesis, UNAMA.
Text
BAB I.pdf Download (216kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (188kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) |
Abstract
Pada dataset yang berjudul “Video Games Rating By ESRB” terdapat unsur-unsur yang ada didalam sebuah games, unsur-unsur tersebut dinamakan Content Descriptor yang menghasilkan sebuah kategori games berdasarkan 4 tingkatan usia seperti “E” (semua usia), “ET” (10 tahun ke atas), “T” (remaja), dan “M” (17 tahun ke atas). Dalam dataset ini terdapat 1.895 data yang belum di-cleaning dan 1.222 data yang sudah di-cleaning, serta terdapat 33 atribut termasuk class-nya. Pada penelitian ini, penulis ingin mengklasifikasi data tersebut untuk memudahkan player yang ingin bermain games agar bisa menyesuaikan dengan tingkat usianya. Penulis melakukan split data sebesar 60% : 40%, 70% : 30% dan 80% : 20% untuk diklasifikasikan dengan Tools RapidMiner, yang dimana menghasilkan pohon keputusan yang berbeda-beda. Penulis juga mendapatkan hasil akurasi yang berbeda, yaitu menggunakan Use Training Set sebesar 86.48% pada Testing 20% dan 10 Fold-Cross Validation sebesar 80.50% pada Testing 40%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Analisis Sistem Informasi |
Divisions: | Skripsi > Teknik Informatika > 2023 |
Depositing User: | Digital Library |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 13:26 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 13:26 |
URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/2997 |
Actions (login required)
View Item |