Lupita Dyayu, Arine (2022) EVALUASI USABILITY APLIKASI PEDULILINDUNGI MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING DAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS). Skripsi thesis, UNAMA.
Text
BAB I.pdf Download (133kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (674kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
Abstract
PeduliLindungi adalah aplikasi hasil kolaborasi oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO), Kementrian Kesehatan (Kemenkes), Kementrian BUMN, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Diseases (COVID-19). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Usability Testing dan System Usability Scale (SUS). Usability Testing merupakan pengukuran tentang seberapa mudah sistem saat digunakan dan kendala yang ditemukan saat penggunaannya untuk dapat dievaluasi dan menghasilkan data yang relevan terkait pengujian yang dilaksanakan. Sedangkan System Usability Scale (SUS) merupakan alat pengujian yang dikembangkan oleh John Brooke dengan menerapkan sepuluh pertanyaan yang memberikan pandangan global secara subjektif mengenai ketergunaan. Terdapat 4 metrik yang diukur dalam usability testing yaitu learnability, time based efficiency, error rate dan satisfaction atau hasil kuesioner system usability scale. Usability testing memiliki 6 task scenario yang diujikan kepada 5 partisipan. Hasil dari pengujian akan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif, pada metrik learnability didapatkan persentase sebesar 68% yang menyatakan bahwa aplikasi PeduliLindungi masih berada dibawah rata-rata dalam segi keberhasilan pengguna. Lalu, pada metrik efficiency didapatkan nilai sebesar 0,03 goals/sec dimana hanya 3% dari tugas yang dapat dilakukan dalam waktu 1 detik. Metrik error didapatkan hasil sebesar 29% atau 0,29 dimana persentase tersebut menyatakan bahwa tingkat error aplikasi PeduliLindungi berada dibawah rata-rata. Dan pada metrik satisfaction hasil rata-rata skor yang didapatkan adalah 56, dimana hasil pengujian kuesioner SUS masih berada dibawah rata-rata. Dari permasalahan yang ditemukan, terdapat 3 rekomendasi perbaikan yang disarankan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Interaksi Manusia Komputer |
Divisions: | Skripsi > Sistem Informasi > 2022 |
Depositing User: | Digital Library |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 02:33 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 02:33 |
URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/2546 |
Actions (login required)
View Item |