ANALISIS TERHADAP NIAT TRANSAKSI APLIKASI FLIP DI KOTA JAMBI DENGAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTAENCE MODEL (TAM)

Oktarini, Dela (2022) ANALISIS TERHADAP NIAT TRANSAKSI APLIKASI FLIP DI KOTA JAMBI DENGAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTAENCE MODEL (TAM). Skripsi thesis, UNAMA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (877kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat mendorong adanya digitalisasi dalam berbagai bidang bisnis termasuk di bidang keuangan, beberapa perusahaan jasa keuangan menciptakan layanan yang mengedepankan teknologi. Finance Technology (Fintech) merupakan hasil gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi yang akhirnya mengubah model bisnis dari konvensional menjadi moderat, yang awalnya dalam membayar harus bertatap-muka dan membawa sejumlah uang tunai, kini dapat melakukan transaksi jarak jauh dengan melakukan pembayaran yang dapat dilakukan dalam hitungan detik saja. Penelitian ini menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) dengan variabel bebas yaitu Perception of external control, computer playfulness dan output quality serta variabel terikat yaitu Intention to use, perceived usefulness dan perceived ease of use.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan adalah hasil uji yang dilakukan yang memiliki nilai signifikan berpengaruh terhadap niat bertransaksi pengguna dengan menggunakan aplikasi Flip pada masyarakat Kota Jambi dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. hasil uji hipotesis dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) dalam penelitian ini memperoleh hasil uji hipotesis yang diperoleh dengan mengkalkulasikan nilai t-statistik dengan nilai DF diperoleh bahwa hampir semua hipotesis yang di bangun bernilai signifikan yang dapat dilihat pada tabel 5.9 yaitu variabel Output quality terhadap perceived usefulness (p-value 0.003), variabel Perceptions of External Control terhadap perceived ease of use (p-value 0.010), variabel computer playfulness terhadap perceived ease of use (p-value 0.006), variabel perceived usefulness terhadap intention to use (p-value 0.000), dan variabel Perceived perceived usefulness terhadap intention to use (p-value 0.013). Sedangkan hipotesis empat yaitu variabel variabel Perceived ease of use terhadap perceived usefulness tidak memiliki nilai signifikan atau p-value sebesar 0.084.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Sistem Informasi > 2022
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:25
Last Modified: 07 Sep 2023 02:25
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/2457

Actions (login required)

View Item View Item