Widhi Nugroho, Akbar (2021) PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA APLIKASI MYTELKOMSEL. Skripsi thesis, UNAMA.
|
Text
Bab 1.pdf Download (215kB) |
|
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) |
|
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
|
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (14kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (127kB) |
Abstract
Aplikasi MyTelkomsel merupakan aplikasi self-service yang memberikan user experience yang baru dan mudah untuk pelanggan Telkomsel. Aplikasi MyTelkomsel memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk dapat mengakses fitur seperti melihat penggunaan data, melihat sisa pulsa dan juga paket internet untuk nomor pelanggan, melakukan isi ulang pulsa bahkan membeli paket data. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan aplikasi MyTelkomsel dengan menggunakan metode E-Servqual dengan 2 elemen dan 8 variabel yaitu elemen E-Core Service Quality dengan variabel (Efficiency, Fullfilment, System Availability, Privacy), elemen E-Recovery Service Quality dengan variabel (Compensation, Responsiveness, dan Contact) dan variabel User Satisfaction (Kepuasan Pengguna). Data diambil dengan melakukan penyebaran kuesioner menggunakan Google Form kepada 100 responden yang telah menjadi pengguna aplikasi MyTelkomsel. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan software IBM SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada satu variabel dari dimensi E-Core Service Quality yaitu Efficiency (X1) yang berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Kepuasan Pengguna (Y1) sedangkan untuk ke-enam variabel lainnya tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pengguna. Saran untuk aplikasi MyTelkomsel adalah untuk meningkatkan aspek yang berpengaruh terhadap Kepuasan Pengguna yaitu Efficiency seperti membuat registrasi dan login aplikasi Mytelkomsel yang lebih efisien dan tidak ribet serta meningkatkan kecepatan akses terhadap aplikasi MyTelkomsel juga dioptimalkan lagi agar tidak lemot saat digunakan sehingga memberikan kesan positif bagi kepuasan pengguna aplikasi MyTelkomsel.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Analisis Sistem Informasi |
| Divisions: | Skripsi > Sistem Informasi > 2021 |
| Depositing User: | Digital Library |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 08:48 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 03:41 |
| URI: | http://repository.unama.ac.id/id/eprint/1895 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
