Klasifikasi Kelayakan Penerima Program Bidikmisi Menggunakan Algoritma C4.5

Pebriani, Rifka (2020) Klasifikasi Kelayakan Penerima Program Bidikmisi Menggunakan Algoritma C4.5. Skripsi thesis, STIKOM DInamika Bangsa Jambi.

[img] Text
Bab 1.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (181kB)

Abstract

Program bidikmisi merupakan program pemerintah untuk mahasiswa yang kurang mampu namun berkeinginan untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Hingga saat ini pemberian program beasiswa bidikmisi dinilai masih belum optimal dan belum tepat sasaran di karenakan dalam proses penyeleksian mahasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa bidik misi membutuhkan waktu yang lama, hal tersebut dikarenakan banyakanya calon mahasiswa yang mengajukan dan kuota penerimaan yang terbatas. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian menggunakan algortima C4.5 yang nantinya akan menghasilkan pohon keputusan yang dapat digunakan sebagai acuan untuk kelayakan penerima bidikmisi. Dalam melakukan perhitungan penulis menggunakan perhitungan manual dan alat bantu weka, dengan menggunakan 7 atribut. Data yang digunakan sebanyak 263 data, 188 untuk kelas "Layak" dan 75 untuk kelas "Tidak Layak". Maka, hasil akurasi yang didapatkan dengan tools weka menggunakan data training set yaitu sebesar 98.8593%. Dari hasil analisis ini diharapkan nantinya akan mempercepat proses seleksi pendaftar program bidikmisi dan membuat proses seleksi menjadi lebih akurat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Artificial Intelligence
Divisions: Skripsi > Teknik Informatika > 2020
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 08 Aug 2020 10:26
Last Modified: 08 Aug 2020 10:26
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/1335

Actions (login required)

View Item View Item