Analisis Kinerja Wireless Outdoor Pada Topologi Jaringan Point To Multipoint Dengan Metode Quality of Service(QoS) Di Vicomnet

Setiawan, Yudi (2019) Analisis Kinerja Wireless Outdoor Pada Topologi Jaringan Point To Multipoint Dengan Metode Quality of Service(QoS) Di Vicomnet. Skripsi thesis, STIKOM Dinamika Bangsa Jambi.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)

Abstract

Jaringan wireless merupakan salah satu alternatif terbaik dalam membangun sebuah jaringan komputer yang praktis. Jaringan wireless adalah alat yang saling berkomunikasi yang berada pada spektrum frekuensi yang sama. 802.11a menggunakan frekuensi 5.0 GHz, 802.11b pada frekuensi sekitar 2.4 GHz. Selain pada spectrum frekuensi yang sama, alat yang berkomunikasi juga harus berada pada kanal yang sama. “Quality of Service (QoS) adalah kemampuan suatu jaringan untuk menyediakan layanan yang baik dengan menyediakan Bandwidth, mengatasi Jitter dan Delay. Parameter QoS adalah Latency, Jitter, Packet Loss, Throughput, MOS”. QoS sangat ditentukan oleh kualitas jaringan yang digunakan. VicomNet adalah penyedia jasa layanan internet berbasis RT/RW Net, yang mulai berkembang pada tahun 2011. Sampai saat ini tahun 2019 VicomNet telah memiliki Bandwidth sebesar 100 Mbps, dan lebih dari 20 Client yang menggunakan jasa dari VicomNet. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata parameter QoS menurut standar TIPHON pada client-1 mendapat indeks 3 pada jam sibuk dan 3,5 pada jam normal keduanya masuk dalam kategori ”MEMUASKAN”, client-2 mendapat indeks 2,7 pada jam sibuk, dan 2,8 pada jam normal keduanya masuk kategori “KURANG MEMUASKAN”, sedangkan Client-3 mendapat indeks 2,1 dengan kategori “KURANG MEMUASKAN” pada jam sibuk, dan 3,3 pada jam normal dengan kategori ”MEMUASKAN”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Analisis Sistem Informasi
Divisions: Skripsi > Teknik Informatika > 2019
Depositing User: Digital Library
Date Deposited: 07 Nov 2019 03:20
Last Modified: 07 Nov 2019 03:20
URI: http://repository.unama.ac.id/id/eprint/1076

Actions (login required)

View Item View Item